"Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" Dapat Penghargaan di Maroko

By Admin

nusakini.com--Film Indonesia "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" yang disutradarai oleh Mouly Surya mendapat penghargaan sebagai film dengan skenario terbaik pada Festival International du Film de Femmes de Salé (FIFFS) Maroko pada edisi yang ke-11 yang berlangsung pekan lalu.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada acara penutupan (30/9) yang diselenggarakan di Gedung Cinema Hollywood kota Sale dan dihadiri oleh para artis film lokal Maroko dan memberikan penghargaan kepada salah satu artis senior Maroko, Fadila Benmoussa. 

Pengakuan terhadap hasil karya sineas Indonesia melalui penghargaan skenario terbaik pada FIFFS 2017 di Maroko merupakan hal yang membanggakan karena film Marlina juga telah mendapatkan pengakuan di berbagai festival film internasional.

Mewakili penerimaan penghargaan, Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Rabat, Hanung Nugraha, menyampaikan bahwa penghargaan terhadap film Marlina diharapkan akan menjadi tonggak bagi kerja sama yang bidang seni budaya khususnya perfilman antara Indonesia dan Maroko. 

Keandalan sineas muda Indonesia diakui juga oleh art director FIFFS, Hicham Falah, yang juga merupakan ketua festival film documenter Agadir. Melihat potensi kedua Negara, kerja sama bidang perfilman tentunya dapat lebih ditingkatkan guna mendukung tumbuhnya industri kreatif di kedua Negara. 

FIFFS adalah festival film tahunan yang diselenggarakan atas patronage dari Raja Mohammed VI Maroko untuk memberikan penghargaan bagi para sinias perfilman perempuan dan untuk membuka ruang lebih luas bagi kaum perempuan di bidang perfilman serta sebagai ajang dialog budaya dan sosial bagi mereka. Tahun ini, terpilih 12 film internasional yang diikutkan berpartisipasi mewakili Eropa, Asia, Afrika, Amerika dan Dunia Arab. 

Festival film yang berlangsung sejak tanggal 25 September 2017 ini, memilih beberapa kategori terbaik antara lain aktor pria terbaik, aktor wanita terbaik, skenario terbaik dan film terbaik.

Tim juri yang terdiri dari 7 pegiat perfilman perempuan dipimpin oleh Dominique Cabrera, Penulis, Sutradara dan Aktris asal Prancis yang memutuskan memberikan penghargaan film terbaik untuk film Spanyol Summer 93 yang disutradari oleh Carla Simon. 

Film "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" yang dibintangi oleh Marsha Timothy (Marlina), Dea Panendra (Novi), Egi Fedly (Markus), dan Yoga Pratama (Frans) bercerita tentang tujuh gerombolan perampok yang mendatangi rumah seorang janda bernama Marlina untuk mengancam nyawa, harta dan juga kehormatannya, namun akhirnya justru Marlina yang dapat membunuh bos perampok, Markus dengan memenggal kepalanya. 

Sebelumnya film "Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak" telah terseleksi mengikuti beberpa festival film, di antaranya Asian Project Market di Busan International Festival 2015, Korea Selatan, cinefondation L'Ateller Cannes Film Festival dan Toronto International Film Festival.​ (p/ab)